Follow us on FaceBook

10 Filosofi/ kata-kata mutiara Jawa yang layak di renungkan

10 Filosofi/ kata-kata mutiara Jawa yang layak di renungkan

Indonesia ialah negeri majemuk & pastinya tidak sedikit suku di Indonesia miliki falsafahnya masing-masing termasuk juga budaya Jawa. Dalam berfilosofi, orang Jawa amat sering memanfaatkan unen-unen (peribahasa) utk menata hidup manusia.


Makna dari ungkapan-ungkapan Jawa ini sangat sering tak dipahami oleh sebahagian akbar keturunan etnis Jawa di zaman canggih ini. Sehingga tak salah, bila muncul sebutan, “Wong Jowo sing ora njawani”. karena memang banyak orang jawa yang tak paham dengan Kata-kata mutiara jawa.


Filosofi/ Kata-kata mutiara Jawa dinilai juga sebagai elemen yg kuno, ndeso & ketinggalan jaman. Padahal, Filosofi/ Kata-kata mutiara leluhur tersebut berlaku konsisten sepanjang hidup. Warisan budaya pemikiran orang Jawa ini bahkan sanggup menambah pengetahuan kebijaksanaan & mengajarkan hidup kita supaya selalu “Eling lan Waspodo”

berikut 10 Filosofi Jawa atau Kata-kata mutiara, yang layak di renungkan, yang diajarkan oleh Kanjeng Sunan Kalijaga :

Kata-kata mutiara 1
Urip Iku Urup(Hidup itu Nyala, Hidup itu hendaknya memberi manfaat bagi orang lain disekitar kita, semakin besar manfaat yang bisa kita berikan tentu akan lebih baik)

Filosofi/ Kata-kata mutiara 2
Memayu Hayuning Bawono, Ambrasto dur Hangkoro(Manusia hidup di dunia harus mengusahakan keselamatan, kebahagiaan dan kesejahteraan; serta memberantas sifat angkara murka, serakah dan tamak).

Filosofi/ Kata-kata mutiara 3
Suro Diro Joyo Jayaningrat, Lebur Dening Pangastuti(segala sifat keras hati, picik, angkara murka, hanya bisa dikalahkan dgn sikap bijak, lembut hati dan sabar)

Filosofi/ Kata-kata mutiara 4
Ngluruk Tanpo Bolo, Menang Tanpo Ngasorake, Sekti Tanpo Aji-Aji, Sugih Tanpa Bondho(Berjuang tanpa perlu membawa massa; Menang tanpa merendahkan atau mempermalukan; Berwibawa tanpa mengandalkan kekuatan; Kaya tanpa didasari kebendaan)

Filosofi/ Kata-kata mutiara 5
Datan Serik Lamun Ketaman, Datan Susah Lamun Kelangan(Jangan gampang sakit hati manakala musibah menimpa diri; Jangan sedih manakala kehilangan sesuatu).

Filosofi/ Kata-kata mutiara 6
Ojo Gumunan, Ojo Getunan, ojo Kagetan, ojo Aleman(Jangan mudah terheran-heran;Jangan mudah menyesal; Jangan mudah terkejut-kejut;Jangan mudah kolokan atau manja).

Filosofi/ Kata-kata mutiara 7
Ojo Ketungkul Marang Kalungguhan, Kadonyan lan Kemareman(Janganlah terobsesi atau terkungkung oleh keinginan untuk memperoleh kedudukan, kebendaan dan kepuasan duniawi).

Filosofi/ Kata-kata mutiara 8
Ojo Kuminter Mundak Keblinger, ojo Cidra Mundak Cilaka(Jangan merasa paling pandai agar tidak salah arah; Jangan suka berbuat curang agar tidak celaka).

Filosofi/ Kata-kata mutiara 9
Ojo Milik Barang Kang Melok, Aja Mangro Mundak Kendo(Jangan tergiur oleh hal-hal yang tampak mewah, cantik, indah; Jangan berfikir mendua agar tidak kendor niat dan kendor semangat).

Filosofi/ Kata-kata mutiara 10
Ojo Adigang, Adigung, Adiguno(Jangan sok kuasa, sok besar, sok sakti)

semoga kita selalu ingat..
Share on Google Plus

About Unknown

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar

full

- See more at: http://www.tutorial89.com/2014/06/cara-membuat-widget-random-post.html#sthash.ISN5y8ud.dpuf

For your ads

For your ads