Follow us on FaceBook

Keren banget, di kolam ini ternyata ada

Satu lagi destinasi wisata air yg bisa jadi referensi diwaktu berkunjung ke Kab Malang, adalah pemandian Sumber Sira. Ruang wisata ini berada di Desa Putukrejo Kecamatan Gondanglegi Kab Malang. Biarpun keberadaan Sumber Sira telah ada sejak beberapa ratus th yg dulu, tapi pengelolaannya baru dilakukan sejak empat bln belakangan.


Samsuni sekretaris Karang Taruna menceritakan, sebelum dikelola, ruang wisata air ini telah tidak jarang di datangi oleh wisatawan. Dia pula mengakui bahwa Sumber Sira mulai sejak dikenal tidak sedikit orang dari foto-foto yg di upload oleh para visitor lewat alat sosial.

Seiring berjalannya kala & makin sejumlah visitor yg datang, hasilnya sejak empat bln yg dulu warga desa sepakat membetuk pengurus buat mengelola Sumber Sira yg setelah itu dikelola oleh Karang Taruna Desa Putukrejo.

Bagi visitor yg gemar suasana alam pedesaan dijamin tak bakal kecewa disaat mengahdiri pemandian Sumber Sira, sebab tidak hanya bisa merasakan segarnya air dari sumber, visitor bisa pula sekaligus menikmati pemandangan hijaunya hamparan padi yg membentang disekitar area pemandian.

tidak cuma itu, air di kolam pemandian Sumber Sira teramat jernih sehigga visitor mampu cepat menonton basic kolam yg tidak sedikit ditumbuhi tanaman air berwarna hijau pun ikan-ikan mungil dari atas permukaan. Ditambah bersama sebanyak pohon-pohon agung yg berumur beberapa ratus thn yg tumbuh di sekitar pemandian.

Di Bawah salah satu pohon akbar tersebut pula terdapat dua makam suami istri yg konon menurut narasi Samsuni, nama Sumber “Sira” sendiri diambil dari nama satu orang tokoh yg dimakamkan di bawah pohon tersebut ialah Syekh Sirojuddin.

Syekh Sirojuddin sendiri yaitu orang Mataram yg perdana kali babat alas ditempat ini & tetap ialah keturunan Sunan Kalijogo

Terkecuali pemandangannya yg tetap asri, alat yg ada serta telah pass kumplit seperti kamar mandi, toilet, musola, warung makan, bahkan disini pula sediakan sewa ban bagi yg kurang mampu berenang harganya pula bervariasi tergantung ukuran sejak mulai dari dua ribu hinga tujuh ribu rupiah.

Sedangkan utk dapat masuk ke pemandian Sumber Sira, visitor cuma lumayan mengeluarkan anggaran seribu buat karcis masuk & dua ribu utk parkir sepeda motor.

Pemberlakuan kupon masuk seribu  baru diberlakukan sewaktu sebulan, pada awal mulanya visitor cuma dikenai anggaran parkir. Anggaran ticket masuk ini nantinya serta dipakai utk pembangunan & perawatan alat pendukung.

visitor Sumber Sira tiap-tiap bulannya tidak sedikit. Dari rumus jumlah ticket yg terjual, setidaknya dalam sebulan visitor yg datang dapat mencapai dua puluh ribu orang visitor.

Disebutkan, tidak cuma dimanfaatkan buat wisata pemandian, Sumber Sira pula difungsikan buat mengairi sawah di tujuh desa.

Anehnya, walaupun telah dipakai utk mengairi sawah di tujuh desa, tapi debit air Sumber Sira tak sempat menyusut & tak sempat surut walau masa kemarau.

Ditempat Sumber Sira ini pula tiap-tiap tahunnya terhadap periode panen pula tidak jarang diadakan program tasakuran oleh penduduk desa Sukorejo, yang merupakan tanda rasa syukur sebab sawah mereka mendapat pengairan dari Sumber Sira.

bagaimana komplitnya tempat ini dapat di lihat di video berikut

benar-benar layak untuk masuk daftar list

Share on Google Plus

About Unknown

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar

full

- See more at: http://www.tutorial89.com/2014/06/cara-membuat-widget-random-post.html#sthash.ISN5y8ud.dpuf

For your ads

For your ads